Terrarium :

Terrarium tidak sama dengan akuarium, jika akuarium adalah suatu tempat untuk memelihara hewan yang full aquatik, maka terrarium adalah tempat untuk memelihara hewan yang semi aquatik(Katak, Salamander, dll), maupun yang non-aquatik (Ular, Serangga, dll)

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum pembuatan :

1. Pemilihan hewan

Dalam pemilihan hewan, kita harus mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu, apakah ia tipe yang dapat memanjat segala medan (misal;Kecoa madagaskar, Tokek rumah, Belalang sembah), tipe semi aquatik, tipe pemanjat pepohonan, dll.  Pertimbangkan juga ukurannya hewan akan mudah stress bila ia ditaruh di tempat yang sempit. Jadi, desain terrarium anda harus sesuai dengan sifat alami dari hewan yang akan anda pelihara.

2. Pemilihan Bahan

Bahan terrarium tak hanya sebatas aquarium saja, namun bisa juga gallon air mineral dan botol selai, atau mungkin bahan lain yang bisa anda gunakan sebagai terrarium.

3. Bahan-bahan Pelengkap Terrarium

-Substrat : substrat juga disesuaikan dengan hewan yang anda pelihara, jika yang anda pelihara reptil, maka dianjurkan untuk tidak memilih substrat berupa potongan kayu/ substrat hamster.

- Kayu : hewan pemanjat juga membutuhkan sesuatu untuk dipanjat, maka berikanlah ia sepotong kayu agar ia lebih merasa seperti di alam aslinya. beberapa hewan juga senang bersembunyi, dan kayu tersebut dapat anda modifikasi sebagai tempat persembunyiannya. Tidak hanya terbatas pada kayu, bambu pun bisa digunakan.

-Batu : Hewan semi aquatik seperti katak dan kura-kura, setelah berenang mereka butuh tempat untuk berdiam diri dan berjemur, maka batu dapat ditempatkan di bawah lampu UV anda, agar hewan bisa menjemur dirinya (lebih tepatnya menjaga kestabilan suhunya).

- Tanaman : Tanaman hidup dalam terrarium juga akan memperindah tampilan terrarium anda,namun jika anda malas untuk menanamnya, anda bisa menghiasi terrarium anda dengan tanaman plastik yang banyak dijual di toko hewan peliharaan.

- Cahaya : Sebagian hewan membutuhkan cahaya, bagi hewan yang hidup pada malam hari (nokturnal) dibutuhkan cahaya saat malam hari agar ia dapat melihat dengan baik. lampu UV juga digunakan oleh beberapa spesies untuk menghangatkan diri.

-Filter : usahakan agar air pada terrarium hewan semi aquatik anda tetap bersih dengan memasang filter.

- Penutup : jika anda tidak ingin hewan peliharaan anda kabur, maka berilah terrarium anda penutup yang kuat misal : kawat ram. perlu diperhatikan juga agar penutup tidak terlalu rapat agar sirkulasi udara tetap berjalan baik dan terrarium tidak terlalu lembap.

- Background : Jika anda ingin membuat terrarium lebih alami, anda bisa memberi background seperti pada akuarium ikan, agar terrarium anda lebih “hidup”

Contoh2 terrarium :

 


About these ads