Iguana hijau, atau dalam nama latin disebut iguana iguana, adalah sejenis reptil yang berasal dari Amerika bagian Tengah dan bagian Selatan. Iguana yang diimport kebanyakan dari Columbus, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico dan Suriname. Hewan ini adalah hewan herbivora, jadi dalam perawatannya anda harus memberi sayuran yang segar, seperti kangkung, kacang polong, wortel, dan lain-lain.

Iguana adalah hewan yang paling sering dikenal sibagai Kadal. Iguana memiliki lima jari di tiap kakinya, memiliki “jengger”. Semua jenis Iguana memiliki duri yang berada di sepajang punggungnya. Berbeda dengan yang diketahui masyrakat bahwa warna iguana adalah hijau, semua juvenil mempunyai warna hijau, tapi setelah mereka dewasa, warna tubuhnya berubah menjadi coklat cenderung oranye dengan garis pada ekornya. Hewan ini jika dipelihara dengan baik dapat mencapai usia 20 tahun dan panjangnya hingga 180 cm

Pembuatan kandang disesuaikan dengan besar iguana, diusahakan jangan terlalu kecil agar iguana bebas bergerak. Kandang juga harus dilengkapi dengan tempat minum dan ranting-ranting untuk memanjat. Iguana berasal dari tempat yang bersuhu tropic dan perlu tempat yang hangat. Jadi suhu yang baik adalah 26 C s/d 29 C, tempat berjemur 32 C s/d 35 C. sebaiknya di kandang di pasang Thermometer untuk memantau keadaan suhu. Sinar UV baik untuk menjaga metabolism dan pertumbuhan tulang pada Iguana, Tanpa sinar ultra violet Iguana akan mudah sakit dan bisa menyebabkan kematian. Kelembaban yang disukai adalah 65 % – 75 % . bisa digunakan pengairan yang menggunakan mesin atau pun bisa juga disemprot sehari dua kali untuk mempertahankan kelembaban. Iguanas sering kali menggunakan lidahnya untuk mengidentasi suatu benda maka alas yang berbahan dari serutan kayu tidak bisa digunakan karena akan menyebabkan tertelannya benda yang ada. Sebagai alas bisa digunakan Kertas koran atau kertas bekas, bisa juga di gunakan sejenis carpet karet atau bisa juga digunakan. Jagalah agar kandang selalu bersih, alas dan kandang bisa dibersihkan dengan pemutih dicampur air sebnyak 5 %, setelah itu disiram dengan air bersih agar sisa pemutihnya hilang, dan tidak meracuni Iguana. Selalu cuci sebelum dan setelah memegang iguana dan atau alat-alatnya.

sumber : ReptilX