Bagi anda yang ingin melengkapi koleksi serangga anda, atau yang kebetulan ingin merawat seekor belalang sembah yang hinggap didalam rumah anda?. Berikut cara merawatnya :

1. Kandang

Karena hewan ini mampu memanjat apa saja dan bahkan ia bisa terbang, maka disarankan agar akuarium/terrarium anda tertutupi bagian atasnya. Beri dedaunan kering sebagai alasnya, dan beri sedikit kayu kering agar ia bisa bebas memanjat seperti di alam bebas. Beberapa tanaman plastik bila perlu ditambahkan agar memberi kesan “alami”

2. Makanan

Belalang sembah memakan serangga lainnya. Maka, makanan yang tepat untuk belalang sembah adalah jangkrik, belalang, ataupun ulat. Meskipun ia mendapatkan air dari mangsanya, ia tetap membutuhkan sedikit air sebagai air minumnya

3.  Perkembangbiakan

Pertama-tama yang harus diperhatikan adalah perbedaan jantan dan betina. Belalang sembah jantan umumnya lebih kurus dan mempunyai lebih banyak segmen di perutnya, sedangkan yang betina lebih gemuk dan mempunyai lebih sedikit segmen di perutnya. Setelah mereka melakukan perkawinan, pisahkan sang jantan, karena si betina dalam keadaan “sangat lapar”, ia bisa menghabiskan hingga 15 ekor jangkrik sehari selama dalam masamemproduksi telur. Beberapa hari kemudian, si betina menyemprotkan cairan yang berisi telur, cairan tersebut mengeras sangat cepat untuk melindungi telur yang ada didalamnya. Belalang-belalang muda dapat diberi ulat sebagai pakan.

Review

Belalang sembah atau Belalang Sentadu adalah serangga yang termasuk ke dalam ordo Mantodea. Dalam bahasa Inggris, serangga ini biasa disebut praying mantis karena sikapnya yang seringkali kelihatan seperti sedang berdoa. Kata mantis  berasal dari bahasa Yunani “Mantes” yang berarti “nabi” atau “peramal nasib”. Banyak sebutan dalam bahasa lokal, seperti congcorang  (bahasa Sunda/bahasa Betawi), walang kadung/kèkèk (bahasa Jawa), dan mentadak (bahasa Melayu).

Ada sekitar 2.300 spesies dalam ordo Mantodea di seluruh dunia; kebanyakan berada di daerah tropis atau sub-tropis, tetapi beberapa spesies hidup di iklim sedang, seperti di utara Amerika Serikat, Eropa Tengah, dan Siberia. Belalang sentadu tergolong keluarga Mantidae.

Belalang sentadu adalah salah satu dari segelintir serangga yang dapat memutar kepalanya. Beberapa teks merujuk kepada belalang sentadu Eropa (Mantis religiosa) sebagai belalang sentadu yang paling umum di negara-negara di Eropa. Ischnomantis gigas adalah belalang sentadu terbesar dengan panjang 17 cm untuk yang betina, dan ditemukan di daerah Sahel di Afrika. Belalang sentadu terkecil adalah Bolbe pygmaea, yang hanya 1cm panjangnya pada usia dewasa.

Seekor belalang sentadu betina yang hamil akan menghasilkan massa busa yang besar, yang disebut ootheca (jamak:oothecae). Ootheca ini dapat memuat hingga 300 butir telur, yang semuanya dilindungi dalam kantung busa. Oothecae ini dihasilkan pada musim gugur —dan sesudah itu belalang sentadu dewasa mati— dan menetas dalam waktu hingga lima bulan.[1] Sebagian spesies menetas dalam interval kecil, dan proses penetasan dapat berlangsung hingga lima minggu ketika sebelum larva muncul sepenuhnya. Belalang betina yang bunting tidak hanya memproduksi oothecae, tetapi juga oothecae yang tidak subur oleh belalang betina yang belum dikawini. Kadang-kadang satu atau dua larva menetas, tetapi hal ini jarang sekali terjadi. Beberapa spesies, seperti misalnya Brunneria borealis, menghasilkan oothecae melalui partenogenesis. Dalam keadaan ini, belalang jantan tidak dibutuhkan untuk menghasilkan ootheca yang subur; namun, semua belalang yang dihasilkan dari proses ini adalah betina.

Di AS, spesies belalang sentadu pertama kali diperkenalkan dari Eropa dan Tiongkok sekitar tahun 1900 sebagai predator kebun dalam usaha untuk mengendalikan hama. Belalang sentadu Carolina adalah serangga resmi negara bagian South Carolina, dan belalang sentadu Eropa adalah serangga resmi negara bagian Connecticut.

Sumber Review : Wikipedia